Headlines News :
Home » » Kartu Pegawai Elektronik (KPE) Dibagi Bertahap

Kartu Pegawai Elektronik (KPE) Dibagi Bertahap

Written By Unknown on 2/03/2012 | 19.00

PRINGSEWU – Penerapan Kartu Pegawai Elektronik (KPE) diprediksi baru akan rampung dibagikan keseluruh pegawai negeri di Pringsewu tahun 2014 mendatang. Ini terlihat dari pembnagian KPE yang bertahap seperti realisasi pembagian tahap kedua ditahun 2011 sebanyak 2.556 KPE, baru terealisasi 1.022 KPE. Untuk itu  pihak terkait yang menangani diminta dapat segera merealisasikan KPE tersbeut.

Kepala Bidang Pembinaan, Pemberhentian Data dan Informasi Pegawai BKD Pringsewu, Yanwir, HK., kepada Radar Tanggamus mengatakan, KPE merupakan program nasional yang dilakukan secara bertahap. Di Pringsewu sendiri, KPE baru direalisasikan dua tahap. Masing-masing tahun 2010 dan tahun 2011. 

Namun, kata dia, realisasi tahun 2011 baru dilakukan sebagian. “Dari target realisasi tahap kedua ditahun 2011 yakni 2.556 KPE, baru direalisasikan 1.022 KPE yang belum lama ini dibagikan ke pegawai. Sisanya kami masih belum tau kapan akan dibagikan. Kami harapkan ini cepat direalisasikan, sehingga penggunaan KPE dapat dilakukan serempak, ”ungkapnya, kemarin. 

Dia menambahkan, jumlah pegawai di Kabupaten Pringsewu mencapai 5.834 orang, diprediksikan jumlah ini baru bisa direalisasikan sepenuhnya pada tahun 2014. Untuk pembuatan KPE, BKD hanya berperan sebagai fasilitator pegawai dengan BKN dan bank daerah. 
“Tugas kami hanya mengumpulkan pegawai, melakukan pemotretan dan input data. Untuk pembuatan kartunya itu kewenangan BKN dan Bank Lampung. Sejauh ini kami tidak mengalami kendala apapun, pemotretan dilakukan seara bertahap,” kata dia.

Dengan adanya KPE, dikatakan Yanwir, akan memudahkan pegawai. Selain sebagai kartu data PNS, KPE ini bisa juga digunakan untuk transaksi perbankan. Adapun transaksi perbankan yang dimaksud, seperti pengambilan gaji dan pembayaran pensiun.

Di samping itu, KPE memberikan kepastian identitas data PNS. KPE dirancang tidak dapat digandakan. Dengan demikian dapat menghindari terjadinya nomor induk ganda dan penyalahgunaan kartu pegawai. “Untuk pengambilan gaji, askes dan transasksi lainnya dapat dilakukan hanya dengan menggunakan KPE, uang langsung terkirim ke rekening pemilik KPE,” urainya.

Besarnya manfaat KPE untuk pegawai, ia berharap, KPE yang belum dibagikan agar segera direalisasikan, sehingga pegawai dapat serempak memanfaatkan kartu tersebut. (sti)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger