Headlines News :
Home » » Hormati HUT RI, Jamaah An Nadzir Tunda Salat Idul Fitri

Hormati HUT RI, Jamaah An Nadzir Tunda Salat Idul Fitri

Written By Unknown on 8/17/2012 | 07.03

Jamaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan seharusnya melangsungkan salat Idul Fitri besok pagi. Mereka memutuskan Idul Fitri jatuh tanggal 17 Agustus berdasarkan hasil penghitungan tanda-tanda perpindahan bulan.

Namun untuk menghormati peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67, jamaah An Nadzir menunda sehari pelaksanaan salat Ied. Rencananya, salat Ied digelar di areal perkebunan sawit, Kelurahan Mawang, Kec. Somba Opu, Gowa, Sulsel, Sabtu (18/8/2012).

Hal ini disampaikan oleh pimpinan Jamaah An Nadzir, Ustadz Lukman A Bakti, saat dihubungi detikcom, Kamis (16/8/2012).

"Dahulu, Nabi Muhammad juga pernah menunda pelaksanaan salat Ied karena bertepatan dengan hari raya kaum Yahudi, hal tersebut sebagai bentuk penghormatan Nabi pada kaum Yahudi waktu itu. Kami mengambil keputusan menunda pelaksanaan salat Ied untuk menghormati pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI, untuk menghormati jasa para Syuhada yang gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan negara ini," tutur Lukman.

Untuk menentukan perpindahan bulan, dari bulan Ramadan ke bulan Syawal, jamaah An Nadzir menggunakan metode pengamatan tanda-tanda alam.

Caranya dengan mengukur tingkat air pasang tertinggi pada permukaan laut di tempat terpisah, yakni di Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, pantai di Palopo, Sulsel dan pantai di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Jamaah An Nadzir di Gowa menempati lahan pertanian sekitar 8 hektar di kampung Mawang, sekitar 20 kilometer dari Kota Makassar. Mereka bercocok tanam padi dan mengembangkan perikanan air tawar.

Jamaah An Nadzir identik dengan rambut gondrong pirang dan pakaian hitam bagi kaum prianya, sedangkan kaum wanitanya dominan menggunakan jubah dan cadar.

detik.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger