Headlines News :
Home » » Berpotensi Bencana, Warga Diimbau Waspada

Berpotensi Bencana, Warga Diimbau Waspada

Written By Unknown on 2/10/2012 | 21.44

PRINGSEWU - Sebagai wilayah yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti longsor, banjir serta puting beliung, masyarakat di beberapa kecamatan di Kabupaten Pringsewu diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pringsewu Drs Junaidi, mengatakan, beberapa titik daerah rawan bencana di Pringsewu yakni Pekon Selapan, Kecamatan Pardasuka, Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo dan Pekon Sukoharjo I dan Pekon Sinar Baru Kecamatan Sukoharjo.

"Selama ini Pekon Selapan merupakan wilayah yang paling sering terjadi longsor. Terakhir kali terjadi pada tanggal 22 Januari 2012 karena tekstur tanah yang labil dan dipenuhi tebing," ungkap Junaidi menanggapi tingginya curah hujan saat ini.

Menurutnya, untuk beberapa wilayah yang terjadi puting beliung berada di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Pesawaran. "Titik potensi puting beliung seperti di Pekon Panggungrejo, Parerejo dan Pekon Tritunggal, Kecamatan Adiluwih. Sementara potensi banjir seperti di Pekon Giritunggal, Kecamatan Pagelaran, hingga Pekon Nusawungu, Kecamatan Banyumas, akibat saluran air Way Waya yang sudah tergerus dan adanya aktifitas penambangan pasir tradisional," paparnya.

Terkait hal ini, pihaknya untuk bisa mengantisipasi dari kemungkinan terjadinya potensi longsor, puting beliung selama ini selalu berkoordinasi lewat sambungan seluler dengan pihak BMKG. "Disamping itu kita juga menyiagakan beberapa personil selama 24 jam guna mengantisipasi bilamana terjadi bencana sehingga dengan mudah dapat segera terdata dan ditanggulangi," pungkasnya. 
 
http://www.radartanggamus.co.id/pringsewu/4826-berpotensi-bencana-warga-diimbau-waspada
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger