Headlines News :
Home » » 10 Besar Penyakit Pasien dirawat di RSMH

10 Besar Penyakit Pasien dirawat di RSMH

Written By Unknown on 2/10/2012 | 21.46

PRINGSEWU - Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi ancaman bagi warga tak hanya di Pringsewu. Bahkan sejak 3,5 tahun operasional Rumah Sakit Mitra Husada (RSMH) DBD menempati urutan pertama dalam 10 besar penyakit yang menghuni ruang rawat inap di RS tersebut.

Direktur Operasional RSMH dr. TH Niken, Sp.KK., mengatakan, bulan Januari tahun ini merawat 71 pasien DBD. Dimana 37 di antaranya berasal dari Kabupaten Pringsewu. Kemudian 15 dari Tanggamus, 6 Lampung Tengah, 1 Lampung Selatan, 8 dari Pesawaran, 3 Bandar Lampung dan 1 dari Way Kanan. "Ini baru pertama kali kami alami selama 3,5 tahun RS Mitra Husada operasional," terangnya. 

Dikatakannya, hingga Kamis (9/2) sebanyak 16 pasien DBD. Dimana tujuh di antaranya dari Pringsewu menjalani perawatan di RSMH. DBD, menurutnya, masih perlu diwaspadai di bulan ini. "Nampaknya di bulan Februari ini pasien DBD masih dimungkinkan muncul kembali,"  ujarnya waspada.

Sebagai perbandingan, dijelaskan oleh dr. TH. Niken, tahun 2011 dari Januari sampai Desember, pasien DBD di RS Mitra Husada hanya 75 orang. Yakni 35 orang di antaranya berasal dari Pringsewu. "Hanya saja dari 75 pasien yang dirawat. Tiga di antaranya meninggal dunia. Namun bukan warga Pringsewu. Mudah-mudahan tahun ini tak ada korban jiwa," harapnya.
Untuk mengatasinya perlu gerakan 3M ditingkatkan. Seperti diketahui, Dinkes Pringsewu menurut Kadisnya dr. Endang Budiati, selain melakukan fogging focus pada rumah pendrita DBD, juga terus menggalakan gerakan 3 M. Menurutnya masyarakat juga memegang peranan penting dimana
kebersihan lingkungan dimulai dari rumah masing-masing ikut efektif mencegah munculnya DBD. 
 
http://www.radartanggamus.co.id/pringsewu/4827-10-besar-penyakit-pasien-dirawat-di-rsmh-
 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger