Headlines News :
Home » » KMP Mufidah Terbakar

KMP Mufidah Terbakar

Written By Unknown on 2/24/2012 | 12.57

MERAK – Ratusan penumpang kapal roll on-roll off (ro-ro) Mufidah mendadak panik. Itu akibat mesin kapal terbakar dan mengeluarkan asap tebal sekitar pukul 09.30 WIB kemarin (22/2). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Lampung, peristiwa itu terjadi ketika kapal yang memiliki bobot 3.531 GRT (gross ton) tersebut akan bersandar di Dermaga III Pelabuhan Merak, Banten. Saat itu, kapal yang memiliki kecepatan 10 knot dengan kapasitas 520 orang ini berangkat dari Dermaga III Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, sekitar pukul 07.20 dengan mengangkut sekitar 55 berbagai jenis kendaraan dan ratusan penumpang.

Kapal mengeluarkan asap saat sandar di Dermaga III Merak, ketika hendak menurunkan penumpang dan kendaraan. Tak pelak, penumpang yang belum semuaya turun menjadi panik ketika mengetahui kapal itu mengeluarkan asap tebal. Diduga, kepulan asap berwarna hitam itu berasal dari kamar mesin bagian bawah KMP Mufidah.
’’Memang penumpang panik. Tetapi tidak ada korban jiwa dan luka-luka,” kata Manajer Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Bakauheni Heru Purwanto saat dihubungi tadi malam.

Ia melanjutkan, berkat tindakan cepat petugas ASDP Merak melakukan evakuasi dengan mengirimkan peralatan keselamatan, maka evakuasi dapat dilakukan dengan optimal. ’’Petugas juga telah menyiapkan mobil ambulans dan tenaga medis untuk memberikan bantuan kepada penumpang,’’ ujarnya.

Mantan supervisi PT ASDP Bakauheni ini menjelaskan, kepulan asap itu diduga karena korsleting sentral AC. ’’Namun saat ini masih dalam proses pemeriksaan petugas,” ungkap pria berkumis tebal tersebut.

Dijelaskan juga, saat ini KMP Mufidah telah diengkerkan untuk perbaikan sekaligus mengecek kondisi kapal. ’’Namun, kondisi ini tidak berpengaruh pada penyeberangan Bakauheni-Merak ataupun sebaliknya,’’ ungkap dia.

Sayangnya, sampai berita ini ditulis, Kepala Adpel Bakauheni M. Ali belum dapat dikonfirmasi. Berkali-kali dihubungi ponselnya, meski aktif, tidak dijawab. (dur/c1/ary) 

http://www.radarlampung.co.id/read/berita-utama/46586-kmp-mufidah-terbakar
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger