Headlines News :
Home » » UPT PTTPH Usulkan Sarpras

UPT PTTPH Usulkan Sarpras

Written By Unknown on 1/28/2012 | 15.51

SUKOHARJO – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerapan Teknologi Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTTPH) Kecamatan Sukoharjo mengajukan sejumlah usulah terkait pemenuhan sarana dan prasarana (Sarpras) yang menjadi kebutuhan kelompok tani (Poktan).

Kepala UPT PTTPH Kecamatan Sukoharjo, Barjan Madjid menjelaskan, beberapa kegiatan yang diusulkan seperti pembangunan jalan usaha tani, jaringan irigasi desa (jides), serta kegiatan optimalisasi lahan. "Untuk jalan usaha tani sepanjang 2 kilometer, kita usulkan dibangun di Pekon Waringinsari Barat,” jelasnya.

Kemudian, untuk Jides di Pekon Sukoharjo II dan IV, serta optimalisasi lahan yang berlokasi di Pandasari Selatan dan Sukoharjo III. “Namun itu baru sebatas usualan yang masih akan dibahas lagi di tingkat dinas," terangnya kepada Radar Tanggamus, Jumat (27/1).

Menurut Barjan, kebutuhan mendasar petani di Sukoharjo selain berkaitan dengan masalah Sarpras, juga masih membutuhkan sarana lain seperti lantai jemur paska panen. "Lantai jemur ini bisa terbuat dari terpal plastik dan juga semen. Selain itu juga, pembuatan lumbung pangan dalam rangka mendukung program ketahan pangan nasional," ucapnya.

Ditambahkan Barjan, di wilayah Kecamatan Sukoharjo tidak ada sumber air. Mengingat lahan yang ada merupakan tadah hujan. Langkah yang bisa dilakukan yakni memanfaatkan embung-embung terdekat sebagai sumber air bagi irigasi sawah.
"Sampai saat ini, air bisa dikatakan cukup. Namun, guna mengantisipasi kesulitan air, di tahun ini juga mengusulkan pembuatan satu unit embung di wilayah pekon Panggungrejo," imbuhnya.

Untuk diketahui, di wilayah Kecamatan Sukoharjo baru ada empat titik embung sebagai penampung air hujan selanjutnya dimanfaatkan untuk irigasi sawah. Keempat embung itu berada di pekon Waringinsari Barat, Sukoharjo II, Pandansurat dan Sukoyoso.
 
Sumber : radartanggamus.co.id
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger