Headlines News :
Home » » Warga 3 Pekon Keluhkan Rusaknya Jalan

Warga 3 Pekon Keluhkan Rusaknya Jalan

Written By Unknown on 1/03/2012 | 16.00

ADILUWIH - Belum meratanya pembangunan di Kabupaten Pringsewu khususnya di wilayah ujung Kecamatan Adiluwih, dirasakan dengan kondisi jalan antara pekon yang masih berupa onderlag namun belum pernah tersentuh pengaspalan.

Kondisi ini membuat masyarakat tiga pekon di kecamatan setempat yakni Pekon Tritunggal, Enggalrejo dan Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, mengeluhkan kondisi jalan pekon yang menghubungkan antar tiga pekon tersebut masih sangat sulit dilalui kendaraan.

Setiawan, warga Pekon Tritunggal mengatakan, kerusakan jalan di tiga pekon sudah bertahun belum pernah tersentuh pembanguan aspal. Dari jalan yang ada, baru 30 persen yang sudah onderlagh, selebihnya berupa jalan berbatu dan tanah liat. 

“Jika hujan, kondisi jalan pun membahayakan. Mengingat, medan jalan yang penuh tanjakan dan turunan dengan kontur liat dan bebatuan menjadi sangat licin, keluh setiawan kepada Radar Tanggamus, Senin (2/1).

Lanjut dia, dampak kerusakan jalan yang sangat dirasakan masyarakat saat musim penghujan seperti ini. "Kondisi jalan ditempat kami belum beraspal. Jika hujan, warga tidak bisa bepergian kemana-mana. Sebab kalau tidak hati-hati resikonya tinggi tanah liat berbatu, membuat pengendara harus jatuh bangun jika nekat melintasinya," tegasnya. 

Dikatakan dia, akses jalan penghubung di wilayah tiga pekon sangat buruk. Warga merasakan jika jalan pekon yang buruk, sangat menyiksa. Parahnya, itu dialami ratusan warga selama bertahun-tahun. ”Dengan kondisi jalan yang tidak tersentuh pembangunan, sangat menghambat aktifitas warga. Seharusnya, kalau memang Pemkab Pringsewu serius dalam program pembangunan, yang perlu diperhatikan adalah wilayah pelosok di kabupaten ini. 
Terpisah, Kepala Pekon Tritunggal, Ismadi saat dikonfirmasi membenarkan bahwa jalan penghubung antar pekon dan kecamatan sudah bertahun kondisi masih berupa jalan onderlag belum tersentuh pembangunan aspal.
 
Jalan yang mengalami kerusakan cukup parah dan masih onderlag sepanjang sekitar 5 km dari Pekon Enggalrejo, Tritunggal sampai jalan di Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo itupun dibangun tahun 1991.

Bahkan sebagai aparat pekon ditiga pekon secara bersamaan sudah berulang kali mengusulkan kepada Pemkab Pringsewu maupun saat masih menjadi Kabupaten Tanggamus. Namun nyatanya sampai saat ini belum juga ada tanda-tanda perbaikaian pada jalan tersebut. 

“Untuk itu saya berharap kepada Pemkab Pringsewu melalui dinas terkait segera memperbaiki pada tahun ini. Sebab masyarakat di pekon ini sangat mendambakan jalan untuk dapat diaspal dengan cara dilapen maupun langsung hotmik untuk mempermudah dalam mengangkut hasil potensi dibidang pertanian,” harapnya.

Sumber : radartanggamus.co.id
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger