Headlines News :
Home » » Komisi B Lanyangkan Surat ke DPPKTPH

Komisi B Lanyangkan Surat ke DPPKTPH

Written By Unknown on 2/20/2012 | 18.12

PRINGSEWU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi B kabupaten Pringsewu melayangkan surat kepda Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Tanaman Pangan Dan Hortikultura (DPPKTPH) Kabupaten Pringsewu, terakit penerimaan bantuan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang belum disalurkan sepenuhnya. 

Anggota Komisi B, Irwan Chaniago, kepada Radar Tanggamus menuturkan, dari 32 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang menerima dana PUAP sebesar Rp100 juta, belum semuanya disalurkan bagi anggotanya. 

“Pada hearing sebelumnya, kita menemukan ada beberapa gapoktan yang belum menyalurkan ke anggota. Diantara mereka ada yang belum menyalurkan 100 persen, ada yang 50 persen. Dari 32 gapoktan, yang sudah jelas belum menyalurkan ada dua gapoktan. Namun disinyalir lebih dari itu,” ungkapnya, kemarin.

Untuk itu, Komisi B meminta kepada gapoktan agar segera melaporkan kepada dinas pertanian jumlah dana yang sudah disalurkan. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan dana PUAP tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. 

“Dan surat yang kami layangkan ke dinas, berisi permintaan kepada dinas agar dapat menyerahkan data-data gapoktan yang mendapatkan bantuan dan berapa persen yang telah disalurkan. Bantuan ini diperuntukan kesejahteraan petani, karenanya harus disalurkan sesuai dengan juklak dan juknisnya,” kata dia

Lanjut dia, jika terdapat gapoktan yang terbukti tidak menyalurkan dana PUAP, pihaknya akan menegur dinas pertanian untuk melakukan pembinaan terhadap gapoktan tersebut. Harapan kedepan dinas pertanian, tidak hanya menyalurkan saja tetapi juga melakukan pembinaan dengan baik. 

“PUAP diberikan secara bertahap, di antaranya tahap verifikasi, yang layak atau tidak. Jika layak, akan diajukan ke pusat. Lalu pusat melakukan tim seleksi. Secara logika itu yang menerima PUAP tersebut sudah baik dan siap menyalurkan kepada anggota. Tapi Kenapa ada gapoktan yang belum siap menyalurkan, masih setengah-setengah,” paparnya. (sti)


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger