Headlines News :
Home » » Satlantas Minta Pemkab Kaji Pendirian Kios

Satlantas Minta Pemkab Kaji Pendirian Kios

Written By Unknown on 2/14/2012 | 15.06

PRINGSEWU – Terkait pendirian puluhan kios di area persawahan Pekon Wates, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanggamus meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melakukan evaluasi kelayakan pendirian kios tersebut. Ini perlu dilakukan apakah pendirian los yang tak jauh dari badan jalan itu memenuhi kelayakan atau tidak. 

Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Tanggamus, AKP Heru Adrian, S.I.K., kepada Radar Tanggamus menuturkan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada bupati Pringsewu yang isinya meminta agar pemkab mengevaluasi lebih lanjut rencana pembangunan kios di area tersebut.

Hal ini, kata dia, jika dilihat dari aspek keselamatan para pengendara, pembangunan kios yang begitu dekat dengan badan jalan dianggap tidak memenuhi standar. Apalagi, lokasi kios berada tak jauh dari tikungan, yang dikhawatirkan mempertaruhkan keselamatan pengendara. 

“Mendirikan sebuah tempat usaha tidak seharusnya di daerah tikungan, karena itu dapat membahayakan pengguna jalan. Kios tersebut dari badan jalan juga cuma berjarak 2 meter, tentu saja ini terlalu dekat,” ungkapnya, kemarin. 

Permasalahan lainnya, lanjut Kasatlantas adalah tidak tersedianya lahan parkir di lokasi tersebut. “Sedangkan jarak dengan badan jalan hanya dua meter. Kalau masyarakat mau membeli, mereka mau parkir dimana? Kalau parkir di tepi jalan, tentu saja membahayakan pengendara yang melintas dan rawan kemacetan,” urainya.

Untuk itu pihaknya meminta kepada pemerintah atau dinas terkait selaku leading secktor pembangunan ini agar dapat mengevaluasi lebih lanjut. Jangan sampai hal ini justru akan menimbulkan masalah baru kedepannya. 

“Hal-hal seperti ini yang menyangkut keselamatan pengendara seharusnya juga dikordinasikan dengan pihak-pihak terkait, termasuk kepolisian. Namun sampai saat ini belum ada kordinasi apapun. Yang kami harapkan pemkab kembali mengevaluasi, apakah kios tersebut layak atau tidak untuk kemanan baik pedagang atau pengguna jalan,” pungkasnya. 
 
http://www.radartanggamus.co.id/pringsewu/4874-satlantas-minta-pemkab-kaji-pendirian-kios
 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger