Headlines News :
Home » » Tiang Penyangga Jembatan Way Tebu I Terkikis

Tiang Penyangga Jembatan Way Tebu I Terkikis

Written By Unknown on 2/08/2012 | 16.33

PRINGSEWU – Jembatan Way Tebu I, Pekon Margakaya, Kecamatan Pringsewu , Kabupaten Pringsewu, yang menghubungkan Kecamatan Pringsewu dengan Ambarawa serta Pardasuka maupun sejumlah kecamatan di Kabupaten Tanggamus, terancam ambrol.

Ini menyusul tiang penyangga di bagian selatan jembatan sudah amblas membentuk lubang. Sukimanto warga setempat mengatakan jembatan Way Tebu I, Pekon Margakaya, keberadaannya sangat vital. Khusunya untuk jalur perekonomian masyarakat Kabupaten Pringsewu di Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Pardasuka. Dengan kondisinya kini bila dibiarkan tidak cepat mendapatkan perbaikan dikhawatirkan terputus.
”Bila diperhatikan kondisi jembatan Way Tebu I semakin hari semakin mengkhawatirkan. Tiang penyangga di bagian selatan udah terkikis dan miring,” bebernya. 

Menurutnya, bila tepat berada di atas jembatan getaran sangat keras terlebih saat dilalui kendaraan roda empat. ”Apalagi kalau mobil truk bermutan berat melintas begitu terasa getarannya,” ungkapnya kepada Radar Tanggamus.

Untuk itu perlu perhatian pemerintah dengan segera melakukan perbaikan jembatan itu. ”Harapannya pemerintah dapat secepatnya memperbaiki jembatan ini. Sebab jika sampai terputus jembatan ini berdampak pada terganggunya warga termasukjalur perekonomian,” akunya.

Sementara itu, Kepala Pekon Margakaya, Taryono juga membenarkan bila jembatan Way Tebu I yang ada di Pekon Margakaya sudah mengalami kerusakan pada bagian tiang penyangganya. Dari arah selatan tiangnya terlihat mengantung akibat terkikis.Bahkan sudah ada sebagian amblas membentuk lubang,” bebernya. 

Pihak aparatur pekon, menurutnya sudah berencana mendokumentasikan kerusakan jembatan itu. Selanjutnya dilaporkan ke Pemkab Pringsewu yang harapannya ada tindakan agar tidak semakin parah. “Saat ini belum dapat dilakukan lantaran debit air sungai Way Tebu masih tinggi. Menuggu sampai sedikit  surut  baru terlihat kerusakannya,” jelasnya.

Dijelaskan Taryono, jembatan Way Tebu I sepanjang 30 meter dan lebar 6 meter dibangun saat proyek Inpres sekitar tahun 1993. “Bila tak segera diantisipasi dikhawatirkan kerusakan semakin parah bahkan bisa saja langsung putus,” ujarnya khawatir. 
 
http://www.radartanggamus.co.id/pringsewu/4796-tiang-penyangga-jembatan-way-tebu-i-terkikis
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sedulur-sedulur jangan lupa komentarnya ya!

 
Support : Creating Website | AFAS | Ali Topan
Copyright © 2012. kabarpringsewu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger